Your Ad Here
Your Ad Here

Jumat, 03 Juni 2011

Velocity Sensitivity Drum Rack Ableton

Di postingan kali ini aku mo ngebahas tentang Drum Rack di Ableton Live. Seperti halnya drum pad lainnya, Drum Rack jika inputnya dari MIDI Controller yang mempunyai fasilitas Velocity Sensitivity sebut aja "Velo" (istilah ngawur biar lebih gampang) saat kita Tapping Drum (membuat MIDI Clips Drum) jika fasilitas Velo aktif maka terkesan lebih Humanize karena Velocity tergantung dari seberapa kuat kita menekan Tuts dari MIDI. Namun ada juga sebagian orang yang lebih nyaman dengan mematikan fasilitas Velo karena belum konsistennya mereka dgn kuat / lemahnya ketukan pada MIDI Controller sehingga menyebabkan volumenya naik turun / tidak sejajar (terlalu jauh bedanya) atau dengan alasan takut MIDI cepat rusak karena terlampau keras menekan tuts untuk mendapatkan volume yang diinginkan.

Nah kali ini aku mo berbagi sedikit tips (asal-asalan moga aja manjur juga buat temen2 yg lain), aku sendiri lebih nyaman dengan mematikan fasilitas Velo karena belum bisa konsisten :p . . . .
OK langsung aja kita buka Ableton Live dan masukkan Drum Rack

Pada gambar diatas adalah gambar Drum Rack yang biasa aku pake (Old School) . . .
Ada 2 Panah (BIRU & MERAH).

Panah BIRU : untuk menampilkan / menutup device (misal kita klik tombol tempat kita Assign KICK, maka akan tampak properties dari KICK & kita bisa edit parameternya disitu)

Panah MERAH : Nah di bagian inilah (VEL) kita men-Set sensitivitas dari Velocity pada MIDI, Jika kita set 100% maka sensitivitasnya sangat peka (beda keras/pelannya ketukan akan sangat terlihat), namun jika kita set ke 0 % maka sensitivitasnya akan terkesan Flat (kurang humanize tapi aku lebih nyaman pake ini, tergantung genre musiknya juga sey :p)

Intinya adalah kita membutuhkan humanize ato tidak :) . . .
Semoga sedikit tips ini bermanfaat :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Your Ad Here

Enjoy The Post