Your Ad Here
Your Ad Here

Jumat, 22 Januari 2010

REASON 4

Source Artikel ini dari "piONsie" http://hiphopindo.yuku.com/topic/5635

Pernah liat software audio tersebut? Nama softwarenya Reason, sedikit penjelasan, reason adalah software musik yang dikembangkan oleh pengembang perangkat lunak Swedia Propellerhead Software. Implementasi dari hardware yang sesungguhnya, ditampilkan persis seperti rak-rak audio. Rak-rak disusun dengan urutan yang bebas, terdiri dari synthesizers, samplers, sinyal prosesor, sequencer dan mixer, yang semuanya dapat saling berhubungan secara "benar-bebas dalam cara yang freestyle",


tapi tunggu dulu, jika kalian membuat rak jangan lupa diperhatikan kabel-kabel yang tersusun dibalik rak-rak tersebut karena interface dari program ini benar-benar detil dengan menampilkan kabel-kabel yang dapat disusun sendiri, walau ada beberapa rak yang kabelnya dapat disusun secara otomatis, tapi ada pula beberapa rak yang akan menyulitkan kalian tentang pemasangan kabelnya. Saran saya kenali hardware nya dulu, lalu pasang kabelnya. Oia jika ada yang sudah punya software ini, bisa dicontohkan dengan mengetik tombol "TAB" pada keyboard.

Pengerjaan pembuatan musiknya tidak jauh berbeda dengan FruityLoops, yang di produksi oleh ImageLine yang umurnya lebih muda satu tahun (Reason umurnya 10 tahun, sedangkan FruityLoops umurnya 9 tahun) Tapi, Selidik punya selidik, ternyata fruity loops diranjang jauh sebelum Reason hadir, perancangannya pada tahun 1998. tepat ketika kita lagi krisis moneter. Hehehe.



BERCANDA..Oke, saya kembali menjelaskan cara pengerjaan pembuatan musiknya,
Interface dari reason sendiri terbagi menjadi dua bagian, saya sebut (maaf ini istilah tidak baku karena istilah ini saya yang bikin sendiri), yang pertama adalah RAK, dan yang kedua adalah SEQUENCE.
RAK tepat berada diatas SEQUENCE. Itu adalah interface normal untuk software ini yang kalo mau diolah lagi, bisa diubah. Lihat gambar berikut ini.
image
Nah, pada menu RAK kalian bisa menambahkan rak-rak baru, dengan alat-alat yang diinginkan sesuai dengan ketersediaan "mesin-hardware" (atau yang kita sebut sebagai alat instrument) yang ada pada reason. Dengan cara klik kanan pada rak, pilih salah satu hardware yang diinginkan, dan simsalabim, kalian punya alat instrument baru.
Nah untuk sequence-nya,. Kalian bisa memberikan note-note yang kalian inginkan, bedanya dengan fruityloops, software ini tidak menggunakan istilah pattern.. dengan artian kalian bisa membuat beberapa kunci berbeda setiap bar-nya tanpa harus membuat sequence baru. Saya tidak bisa menjelaskan lebih panjang karena masalah ini sifatnya teknis J tapi dengan senang hati saya jelaskan jika memang ada yang menanyakan lebih lanjut. dicoba dulu insyaAllah suka walau aga ribet dan pegel ngerjainnya.


Kekurangan software ini adalah harus memiliki keyboard controller untuk membuat tangga nada, tidak seperti FruityLoops yang dapat menggunakan keyboard computer untuk menbuat tangga nadanya. Ya inilah kekurangannya.
Satu lagi kekurangannya, Reason tidak pernah mau menggunakan teknologi dari luar yang masuk ke softwarenya sendiri (plugins), mislanya VST. Mereka tidak mau softwarenya terinstall program yang tidak dikenal diluar dari produk propellerhead. Parah dan mengecewakan (awalnya)

Obatnya adalah, propellerhead reason mengeluarkan sound bank yang disebut REFILL, pengertian soundbank disini bukan seperti soundbank yang biasa kita dengar, soundbank disini bukanlah sound-sound yang sudah tumplek-bek-jadi. Tapi lebih kearah RAK yang telah diberikan effect-effect (effect dari reason sendiri). Hmmmm maksud saya, REFILL adalah penggabungan antara RAK+EFFECT. Lebih tepatnya adalah RACIKAN yang dibuat oleh propellerhead reason dengan bahan baku yang memang sudah ada di software itu sendiri. Mengapa demikian, salah satu alasannya adalah agar sang arranger setelah menggunakan REFILL, dapat mengubahnya lagi sesuai dengan selera yang diinginkan si-arranger itu sendiri.

Diluar daripada ketertutupan REASON terhadap software lain, reason menginzinkan softwarenya untuk dapat selalu berhubungan dengan software lain dengan hak "REWIRE". Hanya itu. Yah.. orang swedia pelit kali ya. Pengennya dewek-dewek aja. Hehe.

Ke-ego-isan reason bertambah dahsyat ketika diluncurkannya software RECORD keluaran propellerhead bulan November 2009 kemarin, dengan maksud agar si REASON dan RECORD dapat berhubungan langsung dalam satu interface, lantas? Propellerhead tidak perlu menggunakan REWIRE lagi jika ingin merecord vocal.
(propellerhead juga meluncurkan propellerhead recyle, adalah untuk slice-ing musik, tidak jauh berbeda dengan fuity slicer pada fruityloops)

Wah telat banget ya tentang teknologi record dan recyle ini, Fruityloops aja sudah menggunakan teknologi itu jauh-jauh tahun. Wkwkwkwkwk.

Ini contoh gambar interface kabel dari REASON DAN RECORD.























dan ini untuk recyle



















Pengen Nyoba Reason 4 . . . Download DI SINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Your Ad Here

Enjoy The Post