Your Ad Here
Your Ad Here

Jumat, 14 Januari 2011

Automation Clip

Ok ketemu lagi dengan MEW PaintPhobia :) . . . kali ini aku mo bahas tentang Automation Clip. Secara harfiah sudah terlihat "AUTO" artinya otomatis berlaku sesuai dengan apa yang telah kita set. Contoh simple nya adalah proses Fade in / Fade out, reverb sebagian, stutter pada bagian tertentu dll. Kenapa bisa seperti itu?? padahal jika kita kenai FX pada mixer, maka FX tersebut berlaku dari awal hingga akhir musik. Nah intinya adalah BAGAIMANA KITA MENGAKTIFKAN FX ATAU AKTIVITAS PADA BAGIAN TERTENTU SAJA, untuk itulah kita berlakukan Automation Clip.
Jika kita membuka fruity loop studio, maka ada beberapa knop yg tampak, pada mixer pun demikian. Coba kita KLIK KANAN pada sebuah knob, ada pilihan CREATE AUTOMATION CLIP, nah artinya adalah kita membuat automation pada fungsi knob tersebut :)
gambar dibawah ini contoh cara membuat Automation Clip pada master volume mixer :

Jika slider Master Volume pada mixer kita terapkan automation clip, maka pada playlist akan muncul grafik Automation Clip, nah kita atur pergerakan slider tersebut dengan mengatur point grafik yang ada di playlist:

Untuk menambahkan NODE (titik sudut pada Automation Clip) pilihlah menu STEP (yang ditunjuk anak panah merah). Gambarlah grafik Automationnya.
Untuk membuat garis tegak lurus Vertikal, tekan SHIFT saat menggeser Node

Automation ini bisa diimplementasikan pada knob2 yang tersedia fasilitas Automation, sehingga kita kudu kreatif dalam menggunakannya, tidak terikat pada master volume saja :)
Semoga Tips Automation ini bermanfaat :)
Don't forget to say thanks by leave a comments :)

1 komentar:

Your Ad Here

Enjoy The Post