Your Ad Here
Your Ad Here

Sabtu, 21 November 2009

Sejarah Graffiti Dan Street Art

Istilah graffiti berasal dari bahasa Latin, yaitu graphium yang artinya menulis. Dari sebuah literatur disebutkan bahwa istilah ini awalnya dipakai para arkeolog untuk mendefinisikan tulisan-tulisan di bangunan kuno bangsa Mesir dan bangunan Romawi kuno.

Pada tahun 1970-an, di Amerika dan Eropa graffiti merambah ke wilayah urban sebagai jati diri gank yang banyak muncul di perkotaan. Akibatnya graffiti menjadi bermuatan provokasi terjadinya perang antar gank atau kelompok. Dengan demikian citra graffiti yang tidak baik itu menjadi momok bagi keamanan kota.

Namun seiring dengan berkembangnya waktu, Graffiti juga sering digunakan untuk menghias kota dan menyampaikan pesan. Namun kesan vandal masih kental dengan "menggambar" secara ilegal baik itu dengan cat, marker, sticker, stencil. Jika kita tengok di sudut kota besar maka sering kita jumpai graffiti baik itu tentang pesan moral ataupun "Neighborhood" suatu gankster.

Cat semprot / aerosol sebagai peralatan utama dari "bomber" untuk berkreasi kini juga banyak yang khusus diciptakan untuk graffiti artis. Seperti halnya Montana spray paint dengan tekanan udara yang lebih rendah dibanding dengan cat semprot lainnya. Bahkan untuk "Caps" atau kepala dari spray can juga beragam. Skinny, Fat, Smooth, Caligraphic dll.

Begitu juga dengan Marker yang digunakan dengan sistem Meltdown "Meleleh" seperti marker Molotow

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Your Ad Here

Enjoy The Post